Itet Gelar Sosialisasi Sekaligus Vaksinasi COVID-19 di Desa Rukti Endah

Jurnalpersada.com – Lampung Tengah : Anggota DPR RI Komisi IX, Itet Tridjajati Sumarijanto gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat (GERMAS) dan Vaksinasi 1, 2 dan Booster bersama Direktorat Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Ditjen Farmalkes) Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) di Desa Rukti Endah, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. (5/11/2022).

Sosialisasi bertajuk “Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan dan Mutu Alat Kesehatan serta Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)”.

Tujuannya ialah demi meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan alat kesehatan dan PKRT secara baik dan benar.

Disisi lain maraknya temuan sirup obat yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang diduga terkait dengan kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA), Bunda Itet sapaan akrabnya menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) telah mengeluarkan surat edaran terkait GGAPA pada anak.

“Kemenkes RI melalui surat edaran menginstruksikan agar semua apotek tidak menjual obat bebas dalam bentuk sirup sementara waktu, ujar Bunda Itet”.

Politisi senior PDI Perjuangan itu menambahkan disini tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) barangkali perlu berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan pemantauan terkait penarikan daftar obat sirup yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Instruksi Menkes RI tersebut tertuang dalam surat edaran Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak.

Ada pun kegiatan sosialisasi ini dikemas dengan penampilan angklung interaktif dari Tricia Sumarijanto yang merupakan Pegiat Seni Budaya di Amerika sekaligus putri pertama Bunda Itet.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *