Gebyar SICITA PDI Perjuangan Banjarnegara Merahkan Alun-alun

JurnalPersada.Com : Banjarnegara – DPC PDI Perjuangan Banjarnegara menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) 2022 di Alun-alun Banjarnegara. Senam SICITA yang diselenggarakan ini, sebagai upaya memasyarakatkan olahraga, untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh, serta dalam rangka meningkatkan soliditas antar Kader Partai, Minggu (5/6/2022).

Usai pelaksanaan senam SICITA, H. Nuryanto, selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Banjarnegara mengungkapkan, senam ini diikuti oleh masyarakat dari 20 Kecamatan di Banjarnegara, yang berkoordinasi melalui KomandanTe Bintang Dua di wilayah masing-masing, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banjarnegara, Pengurus PDI Perjuangan se-Kab. Banjarnegara, Badan dan Sayap Partai, Kader dan Simpatisan PDI Perjuangan, Forkopimda Banjarnegara, serta diikuti oleh group senam di Banjarnegara.

“Senam SICITA ini merupakan serangkaian acara HUT PDI Perjuangan ke-49, Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, serta dalam rangka Bulan Bung Karno. Alhamdulillah, Senam SICITA bisa terlaksana dengan baik. Saya berharap kedepannya, senam SICITA ini dapat lebih memasyarakat di Banjarnegara,” tuturnya.

H. Nuryanto juga menambahkan, kegiatan ini juga dalam rangka menindaklanjuti instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan imunitas melalui olahraga. Selain itu, Senam sehat ini sejalan dengan apa yang selalu diungkap, serta didorong Bapak Proklamator Soekarno. Mens sana in corporate sano bahwa dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat.

H. Nuryanto menjelaskan, dalam senam ini juga mengandung pesan moral, yaitu, melalui kegiatan olahraga ini PDI Perjuangan Banjarnegara mengajak masyarakat untuk berolahraga demi kesehatan badan dan jiwa, seperti moto PDI Perjuangan yakni, “Bangunlah jiwa dan badannya”. Tidak hanya Kader Partai, namun juga masyarakat.

Sementara itu, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., mengatakan, setelah dilakukan SICITA secara serentak secara hybrid, ada inisiatif dari DPC PDI Perjuangan Banjarnegara untuk lebih mengenalkan olahraga SICITA kepada masyarakat.

“Bagi Kader PDI Perjuangan, SICITA ini sangat penting. Sebab, melalui kegiatan senam ini, ada upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, seperti juga ajaran Bung Karno dalam menjaga kesehatan di setiap kegiatan,” jelasnya.

Menurutnya, olahraga menjadi penting untuk membangun mentalitas. Seorang pemimpin juga perlu melakukan latihan jiwa raga. Sebagai Kader Partai juga memerlukan rasa cinta tanah air. Memahami ajaran-ajaran Bung Karno tanpa rasa cinta tanah air, tidak akan muncul dedication of life“. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *