Ria Hartini Ajak Perempuan Metro Ikut Kontestasi Pemilu 2024

Jurnalpersada.com – METRO : Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Metro menggelar sarasehan yang dihadiri oleh para perempuan dari 7 partai politik sekota Metro. Serta turut dihadiri Sekertaris DPD KPPI provinsi Lampung Ir. Aderly Imelia Sari, ST.MT, wakil sekertaris Hj. Adrina Yustitia, SE.MM. Senin, 3/10/2022.

Dalam sambutannya, Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Metro, Ria Hartini, S.sos. MM. menjelaskan maksud digelarnya acara hari ini kepada Istri Walikota Metro sekaligus pembina KPPI kota Metro, Silfia Naharani Wahdi, dan para tamu undangan.

“Hal yang kami laporkan tentang berdirinya Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Metro ini adalah dalam rangka memberikan dan meningkatkan peran serta perempuan Indonesia khususnya dikota Metro dalam mengisi pembangunan khususnya dalam bidang politik”, terang sikandi banteng kota metro yang telah 2 periode terpilih menjadi wakil rakyat.
Kedua, melaporkan rencana program kerja KPPI untuk lima tahun ke depan.

Dilanjutkan oleh Ria hartini yang biasa dipanggil “Ria Ayam”, bahwa perempuan memiliki peluang dan potensi yang sama dengan laki laki dalam hal kontestasi politik.

” Sebagian orang di Indonesia masih menganggap politik itu hanya dimiliki kaum laki laki saja, perempuan diasumsikan di kasur, didapur, dan disumur. Namun saat ini perempuan memiliki peluang dan potensi yang sama dengan laki laki dalam hal kontestasi politik.”ujar Ria..

Dalam UU no 22 tahun 2007 tentang penyelenggaraan Pemilu diterangkan bahwa keterwakilan perempuan memiliki minimal 30% dalam proses pemilu legislative.

“Ini adalah bukti bahwa pemerintah sangat memperdulikan nasib perempuan Indonesia dalam kontestasi politik disemua tingkatan. Dan di DPRD Kota Metro saat ini baru ada 6 orang perempuan dari 25 orang yang berhasil duduk, ini berarti di DPRD belum mencapai target minimum 8 orang”, ungkapnya.

Dipenghujung sambutannya, Ria berharap, perempuan kota Metro yang tergabung dalam tiap tiap partai politik ikut berpartisipasi dalam pemilu 2024.

” Saya mengajak semua yang hadir untuk ikut dalam pemilu 2024 nanti, dan mendaftarkan diri sebagai calon anggota Legislative, yang kemudian terpilih perempuan perempuan hebat yang dapat menjadi mitra pemerintah dalam membangun kota Metro agar semakin baik lagi dikemudian hari,” pungkasnya.(red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *